logo_ppg

orientasicover
Rektor Universitas Wiralodra Dr. H. Ujang Suratno, S.H., M.Si. saat membuka kegiatan Orientasi Mahasiswa PPG K.1 Angkatan 2 tahun 2023

Pada tanggal 18 September 2023 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Wiralodra (UNWIR) menggelar Orientasi Mahasiswa Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam jabatan Kategori 1 Angkatan 2 tahun 2023. Acara berlangsung secara daring mulai dari pukul 08.00 s.d. 16.00 WIB dan dihadiri dan dibuka oleh Rektor Unwir Dr. H. Ujang Suratno, S.H., M.Si., Para Wakil Rektor, Pimpinan Fakultas dan juga dihadiri oleh jajaran Dosen dan Guru Pamong PPG.

Rektor Unwir, Bapak Dr. H. Ujang Suratno, S.H., M.Si., dalam sambutannya menyampaikan antusiasme dan semangatnya kepada mahasiswa yang baru saja bergabung dengan keluarga besar Unwir. “Selamat datang di Universitas Wiralodra, tempat yang akan menjadi rumah bagi pengetahuan, pertumbuhan, dan pencapaian Anda,” ucap Rektor. “Kami berkomitmen untuk memberikan pendidikan berkualitas dan mempersiapkan Anda menjadi guru yang tangguh dan berpengaruh di masa depan.”

Dalam laporan yang disampaikan oleh Ketua Panitia, Dr. Ida Yulianawati, S.Pd., M.Pd., Alhamdulillah Unwir mendapatkan kepercayaan untuk menyelenggarakan Pendidikan PPG dengan surat tanggal 31 Maret 2023 tentang Salinan keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 314/E/O/2023 tentang Ijin Pembukaan Prodi PPG Program Profesi Pada Universitas Wiralodra di Kabupaten Indramayu yang diselenggarakan oleh Yayasan Wiralodra Indramayu (YWI) dalam lingkup bidang studi Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Biologi, Pendidikan Matematika dan Pendidikan Bahasa dan Sastera Indonesia. Untuk pertama kalinya unwir dipercaya menyelenggaran 2 bidang studi yaitu bidang Bahasa Indonesia dan bidang matematika dengan masing-masing satu rombel. disebutkan bahwa terdapat 60 mahasiswa PPG Dalam Jabatan Kategori1 Angkatan 2 tahun 2023 di Unwir, terdiri dari 2 bidang studi dalam 2 rombongan belajar. Mahasiswa ini berasal dari berbagai wilayah, ada dari Propinsi Lampung, Banten, Jawa Barat, dan Jawa Tengah, menciptakan keragaman budaya dan pengalaman dalam lingkungan akademik Unwir.

Materi orientasi yang diberikan dalam acara ini sangat relevan dengan kebutuhan pendidikan modern. Wakil Rektor I Unwir Bapak Dr. H. Dadun Kohar , M.Pd., menyampaikan materi tentang Guru yang Profesional yang harus memahami 4 kompetensi Guru, Koordinator PPG Unwir Bapak Rosyadi, S.Pd., M.Pd., membahas materi terkait Desain PPG Dalam Jabatan Tahun 2023 serta materi Literasi Numerasi, sementara Ibu Eli Herlina S.S., M.Pd., memaparkan materi tentang Pembelajaran PPG Dalam Jabatan Kategori 1 yang inovatif. Sedangkan Ibu Eva Yuliana, S.Pd., M.Pd. mengenalkan bagaimana cara penggunaan LMS bagi para mahasiswa PPG.

Orientasi Mahasiswa PPG Dalam Jabatan di Unwir ini bukan hanya awal perjalanan pendidikan, tetapi juga awal perjalanan untuk membentuk generasi pendidik yang berkualitas dan berdedikasi. Semua pihak, dari rektor hingga Dosen, bersatu untuk memberikan mahasiswa PPG mendapatkan peluang terbaik dalam mencapai impian mereka dalam dunia pendidikan.